Belajar ‘Listening’

Hari ini gue menyempatkan waktu untuk latihan ‘Listening’. Mengapa? karena terkadang kerjaan gue mengharuskan gue mendengarkan percakapan atau penjelasan dari narasumber berbahasa asing (biasanya English). Biarpun mereka pake English tapi tetep dongs mereka punya aksen yang beda-beda. Nah biasanya yang bikin pusing ya aksen ini, terkadang lebih enak dengerin orang Indo ngomong basa inglish, mungkin karena aksennya sama jadi gampang dimengerti.

Pagi tadi, gue latihan pake lagunya Alan Walker yang Faded. Gue sering denger lagu ini tapi belum pernah cari liriknya. Gue coba menuliskan lirik lagunya, itung-itung latihan transkrip bahasa inglis ihiihihii…

Percobaan hari pertama, setelah gue denger lagu berulang-ulang dan gue ketik liriknya, gue cari referensi lirik sebenarnya dari AZlirik. Gue bandingin dong hasil pendengaran gue dengan referensi itu, hasilnya woowwwww, ternyata kemampuan listening gue sangat kurang 😀 dari dulu tiap ujian basa inglis biasanya emang listening paling rendah ehehehe…. Mungkin gue bisa menilai diri gue sendiri, skornya 30 aja deh buat percobaan pertama ahahahhaha.

Dibawah ini hasil latihan gue. Kalimat pertama berwarna merah itu hasil  transkrip lirik murni pendengaran, sedangkan dibawahnya yang dalam kurung berwarna biru itu referensi lirik sebenarnya.

Faded – Alan Walker

You were the shadow to my life,

(You were the shadow to my light)

Did u feel us?

(Did you feel us?)

Another star, you fade away

(Another star, You fade away)

Afraid ….. and shy when I see ya

(Afraid our aim is out of sight wanna see us)

N lie?

(Alight)

Where are you now? 3x~

Was it all in my fantasy

(Was it all in my fantasy?)

Where r u now

We’re all imaginary?

(Were you only imaginary)

Where r u now?

And panic?????

(Atlantis)

Until the sea? Another sea?

(Under the sea, under the sea)

Where are you now

Another dream?

(Another dream)

…. inside of me, I am faded

(The monster’s running wild inside of me, I am faded)

So lost, I am faded

You’re a shadow ..wether never. mine when I need it,

(These shallow waters never met what I needed)

I m letting go a deep n die?

(I’m letting go a deeper dive)

You turn to silent …. see im breathing, a lie?

(Eternal silence of the sea. I am breathing alive)

Where r u now 3x ~

Another breath ..cry… n set my heart inside the fire

(Under the bright but faded lights, You’ve set my heart on fire)

Where r u now 3x ~

And panic, until the sea, another sea

(Atlantis, under the sea, under the sea)

Where are you now

Another dream

… inside of me, I am faded

(Another dream

The monster’s running wild inside of me

I’m faded)

So lost, I am faded

I am faded

So lost, I am faded ~

Untuk kalimat yang ada tanda tanya-nya (?) itu artinya gue masih bisa sedikit ngerti tapi gak yakin bener. Nah kalau kalimat yang banyak titik-titik itu kalimat yang bener-bener gue gak ngerti dia ngomong apaan. Semoga aja next time bisa lebih baik lagi :3 Amiinn…

6 Comments Add yours

  1. baiqrosmala says:

    waaah lumayan mba banyak yang benernyaaa.. mungkin kalau saya akan banyak yang blank blank, kalau listening agak kurang soalnya hihi salam kenal mba 🙂

    Liked by 1 person

    1. ilmiyas says:

      Salam kenal juga yaa 🙂
      Makasiihhh, ini masih harus banyak dilatih supaya kupingnya tajem 😀

      Like

  2. winnymarlina says:

    hobi yg bagus kak mengasah jadinya

    Like

  3. winnymarlina says:

    hobi yg bagus kak mengasah pendengaran

    Liked by 1 person

    1. ilmiyas says:

      Iyaaaa, masih kurang tajem listeningnya nih 😀

      Like

      1. winnymarlina says:

        bisa karena biasa kak

        Liked by 1 person

Leave a Reply

