“Kenalan”sama Bangkok

Gue baru aja ditugasin keluar negeri. Yap, perdana gitu deh, pertama kali keluar negeri, SENDIRI 😀

Semua redaksi dan marketing di kantor sudah merasakan ke luar negeri. Bahkan, temen yang masuknya belakangan dari gue pun sudah go international duluan, yaaaaa walaupun masih di wilayah Asia Tenggara. Bulan Maret, giliran gue yang diberi kesempatan tugas liputan di salah satu negara yang tergabung di ASEAN, Thailand.

Keberangkatan

Gue berangkat tanggal 14 Maret 2017, urusan tiket dan hotel sudah kelar jadi gue terima beres aja. Pesawat terbang jam 9.40 am, gue berangkat dari rumah 5 am, lebih baik menunggu daripada ketinggalan pesawat. Dari rumah, gue booking mobil cuma sampe terminal dan lanjut naik bis bandara *pengiritan*. Sampe bandara, gue langsung antri untuk boarding pass, terus lanjut cap imigrasi dan menuju gate keberangkatan, Alhamdulillah semua proses lancar jaya.

IMG_20170314_083105
Selpi sebelum pergiiii 😀

Karena gue dateng pagi, otomatis gue nunggu di gate keberangkatan. Sendirian ajaaa, kayak anak ilang. Yang lain rata-rata pada ngobrol dan sepertinya memang rombongan. Apa lah daya gue cuma celingak celinguk, mau baca buku malas, jadi lah gue cuma maen hape aja. Setelah beberapa saat, gue melihat mereka-mereka pada ambil box aerofood. Hmmmm, gue juga pengen doong, yowiiss gue beranikan diri menuju desk yang penuh dengan box cemilan itu. Mbak-mbak cantik penunggu desk pun menanyakan tiket dan setelah dicek, dia bilang “Oh untuk Bangkok tidak dapat, ini hanya untuk Kuala Lumpur,” gitu katanya. Mak jleeeeeeb -_- mau malu tapi yaaa gimana lagiiii, yasudah gue balik ke tempat duduk dengan muka tembok aja wkwkkwkkwkwkwk….

Waktu boarding  pun tiba, jalan lah gue ke bis menuju pesawat. Check in  di terminal 2E tapi ternyata pesawatnya ada di terminal 3. Begitu turun bis, menuju pesawat trus udah angkat-angkat koper naik tangga pesawat, ternyata koper gue ga dibolehin naik kabin. Yasudin, kamera gue ambil dan koper akhirnya masuk bagasi.

Sebelumnya, gue udah check in via internet dan pilih tempat duduk deket jendela. Disamping gue ada mas-mas dan bapak-bapak yang selama perjalanan gue gak ngobrol banyak sama mereka. Sebenernya, gue udah sedia buku bacaan untuk dibaca kalau nanti gue merasa bosan dan gak bisa tidur di pesawat, ternyata, buku gak kesentuh sama sekali. Selama perjalanan, gue malah sibuk nonton Bulan Terbelah di Langit Amerika (yang ternyata menurut gue filmnya biasa aja) sampe selesai. Selesai nonton satu film, gue cari lagi menu film lainnya, eehhh ternyata ada TROLLS!!! Iyaaa, film yang gue pengen banget tonton tapi belum sempet!! Gue sebel banget, kenapa gue gak ngecek semua film dari awal dulu baru memutuskan film mana yang mau ditonton -_- bad habit banget nih jadi orang yang gak detail. Akhirnya, gue cuma sempet nonton TROLLS 15 menit, kemudian pesawat sampe tujuan.

Memasuki Thailand

Saat pesawat mulai masuk atmosfir Thailand, kesan pertama yang gue dapet itu, POLUSI! Iyaaa, gue bisa lihat jelaaasss banget ada dua lapisan dimana ada warna abu-abu yang terkungkung atau mengumpul dan di atasnya ada langit bersih dan cerah. Gue yakin pasti ada lapisan yang gak bisa ditembus partikel penyebab polusi makanya gue bisa jelas lihat lapisan itu. Sayangnya, gue sudah harus mematikan segala perangkat elektronik, jadi gak dapet foto lapisan langitnya deh 😦

Sesampainya di Bangkok, gue langsung, mmmmm,, yeeyy di BANGKOK 😀 *Lebay* wkwkkw, tapi bersoraknya dalem hati hehe….

Turun dari pesawat, gue jalan selow mengikuti kerumunan menuju pangambilan bagasi dan cek imigrasi. Diperjalanan, gue ketemu lagi sama mas-mas yang duduk di samping gue. Dia menyapa gue, “kuliah ya Mbak?” tanyanya. Gue jawab dong enggak dan lagi kerja. Gue agak shock ketika dia tau tempat gue kerja karena agak jarang yang tau hahahah… pas gue tanya dia tau darimana, ternyata dia dulu reporter yang kerja di majalah beda segmen tapi masih satu payung perusahaan sama majalah gue, haha….. Dunia sempit? gak jugaa, kebetulan aja ini mah 😀

Percakapan selesai sampai disitu, setelah ambil bagasi, dia pamit, gue senyum, dan sama sekali gak tukeran kontak hahah,, padahal kan harusnya minta aja supaya nanti gue ada temen kalau mau keluar kemana gitu, tapi yasudahlaahh…

Perdana Menapakkan Kaki di Bangkok

Akhirnya!! Gue di Bangkok! 😀

Well, sesampainya disana, gak ada yang jemput gue. Pokoknya, hotel tempat tinggal gue itu deket stasiun dan Bandara Shuvarnabhumi sudah terintergrasi dengan stasiun.  Jadi gue cuma naik kereta dari Bandara bisa langsung sampai ke hotel. Yasudah, langung aja gue ikutin papan-papan penunjuk arah menuju stasiun. Sesampainya di stasiun, gue diem dulu, gue gatau harus ngapain, beli tiket gimana, dan lain-lain. Stasiunnya sepi dan gue hanya memperhatikan orang-orang yang menuju mesin tiket yang tanpa pemandu itu.

Gue mulai lah tanya-tanya. Gue tanya ke cleaning service  yang tidak bisa basa inglis, tapi dia ngerti maksud gue. Gue diarahkan ke bagian penukaran uang. Gue tukar 1.000 THB, kemudian gue dapet sebagian recehan dan sebagian uang kertas. Hotel gue tepatnya di Jalan Sukhumvit dan untuk sampai sana gue harus transit dulu. Si Mbak sepertinya ngomong basa inglis tapi asli gue gak ngerti dia ngomong apaan, intinya dia ngomong Makkasan berulang-ulang sambil nunjuk peta yang ada tulisan Makkasan. Jadi gue pikir dia nyuruh gue turun di Makkasan dan nyambung lagi.

Oke lah, gue nurut. Gue pun menuju mesin tiket. Di mesin, petunjuknya basa inglis jadi gue lumayan ngerti. Pertama kita pilih stasiun tujuan yang sudah tertera jaraknya, kemudian tekan jarak sesuai tujuan, terus baru masukin uang koin sejumlah jarak. Nanti dapet koin plastik gitu yang dipake untuk nge-tap gate.

IMG_20170315_080756
Suasana di dalam MRT dan Skytrain, kurang lebih sama kayak begini 😀

Singkat cerita, gue udah sampe di stasiun tujuan, Sukhumvit Line, kemudian naik ke atas arah stasiun Asok. Di stasiun Asok, gue bingung karena banyak cabangnya. Kalau disini macam Manggarai gitu, tempat transit tapi disini lebih memusingkan. Ada yang ke arah BTS (Bangkok Skytrain) dan ada yang keluar stasiun. Gue linglung harus keluar mana, mau tanya security tapi ga ngeliat security sama sekali.

Akhirnya, gue nanya sama beberapa orang lokal. Reaksi mereka? TAKUT! Iyaa, mereka kira gue mau minta uang atau entah apalah. Langsung aja gue tunjukkin alamat hotel, gue cuma nanya alamatnya dimana karena deket sama stasiun ASOK tempat gue berdiri saat itu. Mbak pertama nyaranin gue liat google map, sedangkan gue ga punya koneksi internet sama sekali! Gue tanya sama yang lain, nah si Bapak2 ini baik, dia yang nyariin alamatnya dengan bukain google mapnya. Gue disuruh moto alamat itu dan jalan ikutin jejaknya.

IMG_20170314_150331
Walaupun salah, yang penting niatnya baik! makasi Bang 😀

Well, gue sangat terima kasih sama yang bantuannya. Tapiii, ternyata gue menuju hotel yang salah, gue jalan menelusuri tempat yang ditunjukin tapi gak sampe-sampe. Capeekkk, panaass, geret-geret koper dan bawa tas yang isinya laptop, encok!! 😦

Gue tetep awas sama keadaan sekitar. Gue perhatiin gedung satu-satu dan akhirnya yaaapp gue menemukan hotel yang gue tuju!! tapi di seberang jalan! Jadi katanya hotelnya memang ada dua dan orang sering salah 😦 huuhhh sebaall, gue harus nyebrang jalan dan hotelnya sudah kelwaaatttttt. Gue berjuang banget geret koper naik tangga penyebrangan, dan pas mau turun, ada bapak-bapak yang nawarin untuk bantu angkat kopernya. Terima kasih Pak!!

Di jalan menuju hotel, gue geret-geret dengan tenaga yang tersisa. Udah deket hotel, gue nyeret sambil liatin koper yang agak tersendat. Pas gue ngeliat ke depan, ada mbak-mbak bule yang kayaknya gelagepan “nganuin” kamera, ahhahahah, pokonya kayak ke-gep gitu deh abis moto gue yang lagi rempong di jalan -_- mungkin dia street fotografer :/

IMG_20170316_144654
Hotel tempat gue menginap yang kelihatan dari sasiun Asok!

Yaayy, akhirnya, sampe jugaaaaa. Rencana mau ngebolang di hari pertama gagal totaaalll. Gue capek jadi gak sempat kemana-mana. Sesampenya di hotel gue langsung geleprak kecapean.

IMG_20170314_171941
Pemandangan dari dalam kamar hotel
room
Sedikit lecek, abis diboboin kasurnya 😀
IMG-20170314-WA0009
keberantakan di kamar
IMG-20170314-WA0011
jendela
IMG-20170316-WA0005
untung sendiri! coba kalo ada temennya? mau mandi juga gimanaa gitu wkwkkw

Pengalaman CouchSurfing

Sebelum berangkat, gue udah cari-cari kegiatan apa yang bisa gue lakukan selama di Bangkok. Gue pake CouchSurfing karena kayaknya seru banget yang meet up dari berbagai negara. Hari pertama emang capek banget tapi gue udah ada jadwal meet up dongs!

Setelah beberapa waktu istirahat, gue langsung mandi dan bersemangat ketemuan sama temen baru dari belahan dunia lainnya 😀 ahhahhaha… Well, butuh perjuangan juga untuk mencapai tempat meet up secara gue masih meraba-raba daerah Bangkok. Dengan modal nekat tanpa koneksi internet (padahal gue udah berlangganan roaming), gue ke tempat meet up. Sesampainya di lokasi, gue gak tau orang-orangnya yang mana, duduk di kursi mana, dan akhirnya gue duduk aja di bangku bulet tengah mall.

Sekitar 15 menitan gue diem, terus akhirnya gue beranikan diri masuk kafe tmpt meet up. Gue pesen minuman supaya dapet koneksi WIFI. Gue cek di event hari itu, kok gak ada respon? gue posting lah, gue bilang siapapun dari mereka kalau ada yang lihat cewek pake hijab sapa aja karena itu gue. Eeeeeeehh beneran ada orang Thai yang nyapa. Dia ternyata udah nunggu dari tadi juga dan gak taau kenapa gak ada respon.

Setelah ngobrol basa-basi, dia nunjukin event yang juga di posting di FB, ada kemungkinan event meet up nya diundur. Daanngg!! hahaah karena gue gak pake fesbuk akhirnya gue miss info ini!! Oke kesimpulan gue, acara meet up memang diundur dan yang hadir cuma gue berdua sama si cowok Thailand ini. Menurut gue, dia gak terlalu minat ketemuan ama gue! ahhahahahha…. Gue rasa dia maunya ketemuan ama bule-bule karena dia juga sempet nunjukin buku pelajaran bahasa Jerman. Emang ada partisipan asal Jerman yang hadir, tapi mungkin karena diluar ekspetasi, akhirnya dia minta ijin cus duluan! iyaapp, gue ditinggal sendirian! ahhahahha syediihhhhh…. GAGAL! 😀

Akhirnya gue muter SIAM Center sendirian aja. Tadinya mau beli simcard perdana buat internetan tapi ternyata konternya udah tutup. oke lah, gue muter-muter gak jelas aja sendirian 😀 Udah capek, langsung lah gue pulang dan cek jadwal untuk besok.

IMG_20170314_205807
ngider sendirian
IMG_20170314_211336
solo travel? no problem! wkwkkkw

Sekian dulu cerita hari pertamanya. Sambung lagi besok-besok 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s